Selasa, 13 Maret 2012

nutrisi


(2)Nutrisi
Gizi pada waktu hamil harus ditingkatkan hingga 300 kalori perhari. Kebutuhan zat gizi pada Ibu hamil secara garis besar adalah :
(a)Asam FolatMenurut konsep evidence bahwa pemakaian asam folat padamasa pre dan perikonsepsi menurunkan resiko kerusakanotak, kelainan neural, spina bifida dan anensepalus baik pada Ibu hamil yang normal maupun beresiko. Dan juga untuk membantu produksi sel darah merah, sintesis DNA pada janindan pertumbuhan plasenta. Minimal pemberian asam folatdimulai dari 2 bulan sebelum konsepsi dan berlanjut hingga 3 bulan pertama kehamilan. Dosisnya untuk preventif 500mikrogram atau 0,5-0,8 mg, sedangkan untuk kelompok faktor resiko 4 mg/hari.
(b)EnergiKebutuhan energi Ibu hamil adalah 285 kalori untuk prosestumbuh kembang janin dan perubahan pada tubuh Ibu.Contohnya Nasi, roti, mie, ubi, jagung, kentang, tepung danlain-lain.
(c)ProteinPembentukan jaringan baru dari janin dan untuk tubuh Ibudibutuhkan protein sebesar 910 gram dalam 6 bulan terakhir kehamilan. Dibutuhkan tambahan 12 gram protein sehariuntuk Ibu hamil. Contohnya Daging, ikan, telor, ayam,kacang-kacangan, tahu dan tempe.
(d)Zat besi (Fe)Pemberian suplemen tablet tambah darah adalah untuk membangun cadangan besi, sintesa sel darah merah, sintesadarah otot. Setiap tablet besi mengandung FeSO4 320 mg (zat besi 30 mg), minimal 90 tablet selama hamil. Contohnya

Daging, hati, sayuran hijau, bayam, kangkung, daun pepaya,daun katuk.
(e)KalsiumUntuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Kebutuhan kalsiumIbu hamil adalah sebesar 500 mg sehari. Contohnya Susu,ikan teri, sayuran hijau, kacang-kacangan kering.
(f) Pemberian suplemen vitamin D terutama padakelompok beresiko penyakit seksual (IMS) dan di negaradengan musim dingin yang panjang
.(g)Pemberian yodium pada daerah dengan endemik kretinisme.
(h)Tidak ada rekomendasi rutin untuk pemberian Zinc,Magnesium dan minyak ikan selama hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar